Senin, 06 April 2015

Galeri Tahu Sumedang

Siapa sih yang tidak kenal dengan Sumedang?....... Itu loh kota kecil yang sering dapet julukan sebagai “Kota Tahu”. Yaa kali ini penulis akan mengulas tentang tahu. Tahu merupakan makanan olahan khas Sumedang, tahu yang cripsy dan gurih ini cocok dimakan kapan saja, ada yang menjadikan menu makan dan ada juga yang menjadikan tahu ini sebagai camilan. Tahu cocok menjadi camilan saat ngobrol dengan teman, atau cocok dimakan sambil nonton tv. Bagi sobat yang menyukai pedas, tahu ini enak dimakan dengan ditemani cabai rawit.
      Bicara soal tahu, tentu beberapa sobat pembaca mungkin ada yang tidak mengetahui cara pembuatan tahu. Disini penulis akan menyajikan gambar-gambar pembuatan tahu, mulai dari pengolahan sampai dengan tahu siap santap :D Pengolahan tahu dilakukan dengan 5 tahapan yang saling berhubungan.

    Tahap pertama adalah perendaman dan penggilingan kacang kedelai, perendaman dilakukan selama 6-7 jam. Dan kemudian digiling sehingga menghasilkan tepung (semacam adonan tepung yang basah begitu ).


          Tahap kedua adalah perebusan dari kacang kedelai yang sudah di haluskan. Dalam tahap ini rebusan tersebut harus mengalami 3 kali mendidih secara bertahap sehingga menghasilkan adonan yang lebih kental.


Tahap ketiga adalah proses penyaringan dari rebusan kacang kedelai sebelumnya. Dalam tahap ini ada proses pemisahan antara air adonan dan ampas tahu.


Tahap keempat adalah perebusan kembali dari adonan yang sudah dipisahkan dari ampas. Dalam tahap ini adonan diberi bibit tahu (agar tahu tidak gagal).

Finally, tahap kelima adalah pencetakan tahu. Adonan tahu dicetak dan siap dipotong dan digoreng. 

Tidak hanya menyajikan gambar pengolahan tahu, penulis juga menyajikan tahu yang siap santap :D 



Tahu Sumedang ini memiliki rasa yang khas, dimana strukturnya lembut, cripsy dan gurih dengan harga yang terjangkau. kini tak hanya tahu berbentuk kotak, ada juga tahu yang berbentuk bulat dan lebih dikenal dengan istilah "Tahu Bulat". 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar