Selasa, 07 April 2015

Food Ethnic

Sumedang adalah kota kecil namun indah yang terdapat di provinsi jawa barat. Seperti julukannya bahwa negara Indonesia kaya akan kuliner daerahnya, begitu juga dengan kota Sumedang yang memiliki makanan khas yang menjadi ciri khasnya.

Makanan khas yang telah menjadi ciri tersendiri bagi kota Sumedang adalah tahu. Sebenarnya selain tahupun banyak makanan khas lainnya. Penulis mengadakan penelitian ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Kabupaten Sumedang.

Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui ada beberapa event tertentu yang dilaksanakan yang berhubungan dengan makanan khas. Contoh saja saat awal pengangkatan Bupati Sumedang, yaitu alm.Bapa Endang. Beliau mengadakan perlombaan makanan khas yaitu pembuatan serabi, perlombaan tersebut tepatnya dilaksanakan di Perguruan Tinggi Sebelas April Sumedang.
     Perlombaan tersebut di ikuti oleh banyak penjual serabi, para penjual serabi berlomba-lomba untuk mendapatkan hadiah. Event tersebut dilaksanakan dengan cukup meriah, tidak hanya kalangan pejabat daerah saja yang menghadiri, masyarakat umum juga diperbolehkan untuk menghadiri atau sekedar menonton perlombaan tersebut.

Ada beberapa event tertentu yang pernah dilaksanakan, dimana saat event tersebut disajikan berbagai makanan khas atau “jajanan ala orang sunda” di setiap stand makanan. Saat event tersebut masyarakat diperbolehkan menikmati berbagai macam makanan tersebut secara gratis.

Untuk tahun ini akan dilasanakan event yang berhubungan dengan makan khas setiap daerah, event tersebut mengangkat tema “Food Ethnic”. Namun event tersebut akan dilaksanakan di kota Bandung tepatnya tanggal 30 Mei 2015 di Ciwalk Bandung selama 3 hari.

Untuk tahun 2015 ini, pemerintah kabupaten belum mempunyai rencana pembuatan event yang berhubungan dengan makanan khas. Namun biasanya di setiap hari jadi Kabupaten Sumedang, yaitu. Selalu ada stand-stand makanan dari setiap kecamatan Sumedang yang menyajikan makanan khas setiap kecamatan tersebut.

1 komentar: