Senin, 06 April 2015

Sejarah Sale Pisang

Sale pisang merupakan makanan hasil olahan dari buah  pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas.
Makanan khas kota Sumedang selain tahu adalah sale pisang, sale pisang ini dapat dijumpai di daerah Sumedang kecamatan Sumedang Utara, tepatnya di daerah Panyingkiran. Di daerah ini banyak home industry yang mengolah makanan khas ini. Salah satu contoh home industry yang sudah terkenal adalah sale Pak Ocim.
Awalnya industri sale pisang ini merupakan indusri rumahan yang dilakukan secara turun temurun. Keterampilan para warga ini didapat dengan proses yang panjang. Sebelumnya mereka hanya membuang pisang yang sudah busuk itu tetapi dengan kreativitas yang dimiliki, warga mampu mengolah pisang tersebut menjadi sebuah camilan.
Dari sinilah muncul orang yang kreatif mengembangkan usaha ini. Ada beberapa orang yang mencetuskan usaha sale pisang di Sumedang Utara yaitu Ma Nioh. Beliau merupakan sosok yang pertama kali mengembangkan usaha sale pisang dalam bentuk lebar di Sumedang Utara. Bentuk sale pisang lebarlah yang pertama kali dibuat.

Pada awal tahun 1980-an banyak bermunculan usaha sale pisang di kecamatan sumedang utara, hal ini terjadi karena banyak warga yang berpindah mata pencaharian menjadi pembuat sale pisang. Disebutkan bahwa usaha sale pisang ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Usaha sale pisang ini mengalami perkembangan yang cukup baik sekitar tahun 1985-1997.

1 komentar:

  1. oo itu ya sejarahnya sale pisang ,saya udah pernah cicip dan enak
    tapi jarang ada yg menjualnya skrng tak tahu kenapa begitu

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    BalasHapus